Sugeng Rawuh...!!! Blog ini bukan saja tentang craft-nya Yanneey di *duneeya*. Melainkan tentang Yanneey & semua -------crafting, writing, family, friends, dll-------Yah, mencoba kembali belajar sharing & belajar menulis. Mari menulis kembali dengan kata dan juga craft.. ...!!!
http://www.cute-smiley.com There is no great writing, only GREAT REWRITING (Justice Brandeis)

Sabtu, 01 Desember 2012

CopyCat & moralitas

Masalah copy paste di dunia maya sudah banyak dibahas oleh teman-teman crafter. Ada beberapa orang (oknum) yang meng-copy foto-foto produk para crafter, memajangnya di akun mereka dan mengakuinya sebagai hasil karya mereka sendiri. Parahnya lagi akun itu adalah sebuah online shop, yang berarti foto produk yang mereka copy itu dijadikan untuk berjualan/tujuan komersil. Setelah mencuri foto-foto itu lalu mereka mengakuinya sebagai hail karya sendiri, Parah! 
Lebih parahnya lagi, mereka ada yang tidak sekadar memajang foto-foto itu, tapi mereka juga menghapus watermark yang sengaja dibubuhkan pada foto sebagai identitas pemilik foto itu. Parah, keterlaluan!!

Jujur saja, saya juga biasa meng-copy foto karya teman-teman crafter, tapi itu untuk koleksi, memperkaya perpustakaan saya biar saya bisa mempelajari karya-karya mereka, mengaguminya. Jika saya kesulitan membuat sesuatu, saya akan melihat karya-karya mereka, biasanya saya menemukan solusinya. Jadi foto-foto itu bukan saya pajang dan saya akui sebagai karya saya sendiri.

Sebenarnya, mungkin foto-foto produk saya juga tidak luput dari peng-copypaste-an, tapi karena belum pernah menunjukkan kepada saya linknya jadi saya cuek saja tidak berusaha mencari. Soalnya saya juga jarang online, kurang waktu untuk online, dan nggak bisa berlama-lama di depan PC/laptop untuk menelusurinya. Jadi ya sudahlah biarkan saja, toh kalau pun sampai saya tahu, saya tidak bisa berbuat apa-apa, dan akhirnya cuma bikin jengkel dan sakit hati saja. Jadi rugi berkali-kali deh...

Tapi beberapa hari yang lalu, saya kebetulan membaca update statusnya Linda Sari Ndandut. katanya ada yang meng-copypaste foto-foto produknya samapi menghapus watermarknya sampai bersih. Dia menyertakan link-nya. Saya coba saja ke link tersebut dan ternyata foto-fotonya bisa dilihat meski tanpa jadi temannya. Eh ternyata di album Boneka Wisuda, ada dua foto produk saya. Beneran tuh nggak ada watermarknya, udah dihapus bersih. Foto saya yang dicopas dia itu adalah foto Boneka Wisuda Feltbot Doll. Saya geram juga melihatnya... Sediiiih....
Nggak habis pikir dengan orang-orang seperti itu, bagaimana moralitas mereka? Apa mereka nggak punya Tuhan Yang Maha Melihat dan Maha Tahu Segalanya?

Sebenarnya yang lebih kasihan itu customer dia, karena itu penipuan. Amat sangat tidak mungkin dia bisa membuat produk sama seperti itu, customer akan memperoleh barang yang tidak sama seperti contohnya. Saya saja kalau harus bikin lagi juga nggak bisa bikin yang sama.  Dalam proses pembuatannya ada banyak hal kebetulan disana. Meskipun dibuat dengan pola yang sama, oleh tangan yang sama, hasilnya tetap berbeda. Kalau ada pola yang hilang saja saya jadi kelabakan, soalnya akan mempengaruhi hasil jadinya,  tentunya!

Jadi sebenarnya apa yang bisa kita lakukan terhadap orang-orang seperti itu?
Apa yang bisa kita lakukan jika foto-foto kita dicopas seperti itu?
Apayang bisa kita lakukan pada foto-foto kita agar tidak dicopas seperti itu, karena ternyata watermark juga akhirnya bisa dihapus?

Sediiiihnyaaaaa...... Saya belum bisa berbuat apa-apa!

Yang pengin order hasil karya saya, bisa berkunjung kesini ya untuk melihat-lihat produk-produk saya.
Thank You
Happy Crafting!!!

2 komentar:

  1. Wah wah, hati2 tuh, masa hasil karya orang di claim begitu saja..

    BalasHapus
  2. iya tuh... mesti gimana ya...???

    BalasHapus