Sugeng Rawuh...!!! Blog ini bukan saja tentang craft-nya Yanneey di *duneeya*. Melainkan tentang Yanneey & semua -------crafting, writing, family, friends, dll-------Yah, mencoba kembali belajar sharing & belajar menulis. Mari menulis kembali dengan kata dan juga craft.. ...!!!
http://www.cute-smiley.com There is no great writing, only GREAT REWRITING (Justice Brandeis)

Jumat, 05 Juli 2013

[Tutorial & Tips] Kertas Pola Khusus untuk Kain Flanel

Dalam berkreasi dengan kain flanel, pola merupakan salah satu hal yang sangat penting pengaruhnya terhadap hasil kreasi kita. Beberapa orang sudah share cara mereka membuat pola untuk kreasi flanelnya. 

Pada umumnya ada yang membuat pola dengan karton tebal lalu dijiplak di kain flanel dengan menggunakan pensil ataupun bolpoint. 
Ada yang memfotokopi pola di kertas HVS lalu digunting dan potongan kertas tersebut disematkan dengan jarum pentul di atas kain flanel dan kemudian digunting.
Ada juga yang menggunakan kain flanel guntingan pertama sebagai pola untuk guntingan-guntingan berikutnya.
Ada yang memotong flanel sesuai ukuran pola, tapi ada juga yang melebihkan sedikit ukuran flanelnya.
Bagaimana dengan kalian? pakai cara yang mana?

Saya sudah mencoba cara-cara itu, tetapi ada saja kendalanya. Hingga kemudian secara tidak sengaja saya menemukan kertas khusus untuk pola kain flanel yang lebih tepat. Sepertinya kertas ini yang paling tepat bagi saya. Dan ternyata  tepat juga digunakan oleh asisten-asisten saya. Caranya dengan kain viselin yang biasa digunakan untuk kreasi sulam perca.
Sebenarnya di daerah saya, toko alat jahit menyebutnya busa lapis, entah di tempat lain ya^^

Kain viselin ini tidak mentah-mentah langsung buat pola lho, ada trik khusus. Sebelum saya bahas bagaimana mengolah kain viselin, saya jelaskan dulu kendala saya menggunakan cara-cara bikin pola yang umum dipakai teman-teman.

#Menggunakan kertas tebal dan dijiplak di kain flanel dengan pensil/bolpoint baru kemudian kain flanel digunting.
Kelemahannya, jika menggunakan pensil, goresannya kurang jelas & juga meninggalkan kotor.
Cara ini yang pertama saya pakai ketika awal-awal membuat kreasi flanel.
Jika menggunakan bolpoint juga akan menyisakan kotor (belepotan).
Jika saya menggunting kain flanel di bagian dalam goresan bolpoint atau dilebihi sedikit(tujuannya agar goresan bolpoint yang kotor tidak ikut serta), seringkali hasilnya kurang tepat. Mungkin saya saja yang kurang mahir menggunting ya....^^


#Menggunakan kertas HVS/kalkir lalu diletakkan di atas kain flanel dibantu dengan jarum pentul agar tidak bergeser, baru kemudian digunting.
Dengan cara ini, kertas jika sering ditusuk jarum akan berlubang dan cepat rusak. Karena kertasnya licin jadi tetap  saja bergeser meskipun sudah disemat dengan jarum sehingga hasil guntingan kain flanel kurang tepat bentuknya.
Ah, Mungkin ini juga karena saya yang kurang mahir^^

#Menggunakan flanel guntingan pertama sebagai pola guntingan berikutnya.
Cara ini kadang saya gunakan saat kepepet karena malas mencari-cari pola ^^ Hasilnya masih sering berubah bentuk. Hehehe lagi-lagi mungkin karena saya yang kurang mahir juga ya...

#Spesial penemuan saya, pola dengan kain viselin heheheee...
Sebenarnya kain viselin ini sebagai pengganti kertas HVS/kalkir. Jadi saya masih tetap harus menggambar pola di atas kain viselin dengan cara menjiplak dengan kertas tebal ataupun menjiplak gambar pola utama. Biasanaya kertas tebal saya gunakan sebagai pola jangka panjang agar bisa digunakan berulang kali untuk menjiplak.
Nah, setelah pola di kain viselin digunting, letakkan di atas kain flanel. Kalau polanya kecil saya tidak perlu menggunakan jarum untuk menahannya agar tidak bergeser, tapi kalau polanya besar saya tetap menggunakan jarum pentul.
Bergeser? Lumayan tidak selicin kain HVS karena sebelumnya kain viselin ini saya olah lebih dulu. Bagaimana cara pengolahannya? Nanti saya bahas.

KAIN VISELIN SEBAGAI KERTAS POLA

Cara ini saya temukan secara tidak sengaja. Ketika itu saya sedang bereksperimen membuat tas & dompet yang dilapisi kain viselin (busa lapis). Sepert ini.

Beberapa kali ada kesalahan sehingga kain viselin setelah menempel pada kain dompet saya lepas lagi. Niatnya mau saya buang, tapi waktu saya lagi membuat sesuatu dari flanel, saya tidak menemukan kertas di sekitar saya untuk pola, jadilah asal ambil kain viselin gagal itu. Eh ternyata, kok kain viselin pada bagian bekas perekat yang menempel di kain seperti menempel di flanel, tapi mudah ketika dilepas lagi & tidak merusak flanel. Nah, dari situlah akhirnya saya akhirnya sengaja membeli kain viselin meteran untuk diolah menjadi pola-pola kreasi flanel.

Kelebihan Kertas Pola Kain Viselin :
> Tidak selicin kertas HVS, tidak terlalu bergeser.
> Tidak perlu dilebihi sedikit ketika menggunting flanelnya, bisa digunting pas sesuai pola viselin.
> Tidak meninggalkan kotoran seperti bolpoint di flanel.
> Tidak cepat berlubang & rusak seperti kertas HVS/kalkir jika ditusuk jarum.
> Bisa digores dengan bolpoint seperti kertas biasa.
> Bisa untuk menjiplak gambar di buku/gambar utama tanpa merusak buku/kertas gambar.
> Bisa dipakai berulang kali.

  

Nah, sekarang pilih mana cara yang lebih menguntungkan?
Kalau memilih cara viselin ala saya, ini saya kasih tips mengolah kain viselinnya. Kelihatannya memang sedikit repot ya... tapi repot sedikit kalau selanjutnya lebih enak tentu tidak apa-apa kan? Makanya saya kalau mengolah viselin tidak cuma satu lembar. Jadi, sekali repot bisa buat banyak. Tidak terlalu repot  juga sih, karena bisa dilakukan setelah menyeterika pakaian heheheee....

Begini niiiiehhh.....^^

CARA MENGOLAH KAIN VISELIN UNTUK POLA
Alat & Bahan: Kain viselin, karpet meteran, setrika
Kain viselin yang saya gunakan adalah yang berperekat. Ketebalannya sedang saja, tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal.
Kain viselin (Busa lapis istilah di toko alat jahit di tempat saya)




Gunakan karpet murahan saja yang kasar.
Permukaan viselin  berperekat/mengkilap berhadapan dengan permukaan karpet, jangan sampai terbalik lho...


Setelah dilepas, bekas permukaan viselin yang menempel di karpet akan menjadi kasar.
Siap digunakan sebagai kertas pola.....

Ringkasannya sebagai berikut:



Cara Penggunaan Pola Viselin:
tempelkan bagian yang kasar berhadapan dengan kain flanel. Jika diperlukan, sematkan jarum pentul.  
Pola viselin ini sudah berkali-kali duganakan oleh beberapa orang asisten saya dan alhamdulillah hasilnya seperti yang saya inginkan. jadi, kalau orderan banyak, bagian gunting-menggunting flanel saya serahkan kepada orang lain.
 Selamat Mencoba, Semoga Sukses!!!


1 komentar:

  1. terima kasih tutorialnya, jadi bisa sambil belajar nih :D

    blognya sudah saya follow, ditunggu follow baliknya ke www.muslimahonline.net ya.. ^_^
    salam kenal..

    BalasHapus