Sugeng Rawuh...!!! Blog ini bukan saja tentang craft-nya Yanneey di *duneeya*. Melainkan tentang Yanneey & semua -------crafting, writing, family, friends, dll-------Yah, mencoba kembali belajar sharing & belajar menulis. Mari menulis kembali dengan kata dan juga craft.. ...!!!
http://www.cute-smiley.com There is no great writing, only GREAT REWRITING (Justice Brandeis)

Minggu, 03 April 2011

Felt Craft For Charity!

"Handicraft tidak akan ada manfaatnya jika dibawa ke daerah bencana, tapi ketika handicraft telah diubah menjadi uang maka itu akan lebih bermanfaat bagi para korban bencana." (Yanneey@Felt Craft For Charity)


Ini sebuah langkah nyata dari ide yang datang tiba-tiba ketika lagi di WC.
Hmm... memang sering kali ide datang saat ngelamun di WC hehehe...

Ketika itu sekitar 5 bulan yang lalu (November 2010) lagi heboh-hebohnya berita bencana Gunung Merapi di Yogyakarta dan sekitarnya. Ide muncul tentang bagaimana aku bisa membantu para korban lewat karya (karena aku gak punya banyak duit buat nyumbang). Seketika itu konsep tersusun secara otomatis dalam otak. Konsep dadakan!

Sebelumnya di FlanelQta sempat dibahas tentang Charity, tapi sepertinya pembahasannya "mandeg" alias terhenti dan tidak berkelanjutan. Hal ini mungkin karena teman-teman FQ yang sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Dimaklumi!

Jadi sepertinya tidak mungkin membahas ide charity-ku dengan teman FQ, bakal membutuhkan waktu lama. Jadi untuk lebih cepatnya aku mencoba buat beraksi sendiri, meski aku sendiri sedang mengerjakan beberapa orderan dan dengan kemampuan yang tidak seberapa besar, apalagi saat itu lagi sakit juga. Tapi ternyata ide dan niat buat charity teramat besar sampai mengalahkan rasa sakit di badanku karena flu berat. Untung juga aku masih tertolong oleh Bee Propolis HD yang membuatku tetap bisa beraktivitas meskipun flu berat^^

Konsep Charity!
Konsep charity yang muncul adalah menjual felt craft, jadi aku beri nama Felt Craft For Charity. Berhubung pengin dana cepat terkumpul, jadi produk yang aku tawarkan adalah yang ready stock. Kebetulan aku punya banyak produk ready stock, alias produk yang belum laku atau mungkin gak pernah dilirik orang^^ Tapi yang jelas produk-produk itu keadaannya baik & terawat. Jadi yang aku jual bukan produk rusak.

Trus yang buat amal berapa persen??
Berhubung ini baru permulaan, jadi cek ombak dulu, lihat tanggapannya. Positif atau negatif? Jadi langsung aja 100 persen untuk amal & ongkir via pos aku tanggung! Blagu gak sih?? Semoga gak ada yang menganggap aku blagu atau sombong.

Alasannya kenapa demikian, karena produk-produk itu memang sudah lama memenuhi etalaseku, jadi itung-itung mengurangi isi lemari etalase & mengganti dengan hasil karya terbaru biar yang "nyawang" gak bosen. Lagian itu juga dibuat saat aku kurang kerjaan, jadi gak apalah aku kasihkan ke orang lain. Yah itung-itung sebagai kenang-kenangan aja.

Ongkir dari mana? Pakai pos lumayan murah kok, jadi gak apalah kalau aku menyisihkan sebagian keuntungan hasil jualanku. Kalau kurang masih bisa minta tambahan ke kakakku sebagai donatur hehehe^^

Trus, dana yang terkumpul nanti disalurkan lewat Rekening Satu Untuk Negeri TV One. Kenapa? Biar penyalurannya lebih terorganisir. Ini juga berhubungan dengan pertanggungjawabanku menyalurkan sumbangan mereka. Karena dengan disalurkan ke Rekening Satu Untuk Negeri TV One maka bukti transfernya bisa aku perlihatkan kepada semua orang, jadi aku gak bisa bohong & melakukan penyelewengan dana bantuan. Sebenarnya gak harus ke TV One sih, bisa dititipkan kemana saja, yang penting jelas. Cuman karena aku gak ingin pusing berlebihan, jadi aku pilih TV yang sering aku tonton aja hehehee^^

Produk Yang Dijual
Akhirnya aku ngumpulin produk-produk yang bisa aku jual...
dengan pesan:
Hei sahabat... Berhubung kami gak bisa jadi sukarelawan ke daerah bencana, juga gak bisa nyanyi buat ngamen ngumpulin dana buat bantu saudara2 yang terkena musibah, BISMILLAH dengan niat baik, kami ingin menjual hasil karya kami.
Hasil penjualan 100% utk charity (khusus di album ini). Rencana dana di
titipkan lewat rekening satu untuk negeri TV one. Nanti kami upload bukti transfer sbg pertanggungjawaban kami.
Transaksi lewat koment di masing2 foto ya... Please jangan nawar!!!
Please bantu share ya meskipun gak beli...
Thank You Very Much!!! ^^


Aku upload fotonya di fanpage duneeya di facebook. Kenapa di duneeya, bukan di account FB pribadiku? Coz, jumlah fans duneeya lebih banyak dari friend list-ku. Jadi aku berharap lebih banyak orang yang melihat info Felt Craft For Charity itu & lebih banyak juga yang berpartisipasi. Tapi aku juga sering meng-share info Felt Craft For Charity itu di account FB pribadiku.

Tanggapan???
Gak seindah yang ada di benakku, gak semudah yang aku bayangkan. Banyak kendala yang harus aku hadapi :( sampai sempat berurai air mata dan nyaris putus asa! Tapi mungkin begitulah sebuah niat baik, selalu harus diuji. Untungnya masih ada teman-teman yang menguatkan, jadi harus tetap berjuang..

Mungkin yang berpartisipasi membeli adalah mereka teman-teman lamaku yang mengenalku tidak hanya dari dunia maya, mereka pernah mengenalku secara fisik di dunia nyata. Ada teman SD, SMP, SMA, teman KKN, ada juga mantan tetanggaku^^ Tapi ada juga satu orang yang belum sama sekali aku kenal mempercayakan sumbangannya lewat Felt Craft For Charity. Terima kasih atas partisipainya kawan!! Semoga Allah membalas amal kalian! Amiin...^^

Tapi subhanallah, memang Allah tidaklah pernah tertidur.
Sebuah niat baik yang belum terlaksana pun sudah Allah balas dengan menghadirkan seseorang yang membeli boneka jari sangat banyak. Tapi saat itu stock yang ada tidak mencukupi permintaannya. Tergantilah apa yang ingin aku sumbangkan itu. Semoga Allah lebih cepat pula membalas partisipasi kalian! Amiin...

Hasil dari Felt Craft For Charity ini sejumlah 466 ribu rupiah. aku laporkan disini.
Pembelian a/n Ratih : 100rb (no. Resi Pos: 10070467793)
Pembelian a/n Anggi : 100rb (no.resi pos: 10070467800)
Pembelian a/n Rida : 55rb (no.resi pos: 10070467988)
Pembelian a/n neli : 10rb (langsung)
Sumbangan uang tunai : 100rb
Pembelian a/n hidayah : 10rb (langsung)
pembelian a/n anis : 5rb (langsung)
Pembelian a/n Utami : 86rb

Total dana terkumpul 15b Nov 2010 = 466rb
Terima kasih atas partisipasinya!!!



Ini bukti pertanggungjawabanku menyalurkan dana yang disumbangkan sahabat-sahabat duneeya.


Lumayan banyak juga hasilnya^^ Mendinglah, sedikit banyak pasti lebih bermanfaat buat korban bencana daripada jika felt craft tidak diubah jadi uang.
Memang agak kurang puas dengan jumlah orang yang berpartisipasi.
Penginnya meskipun sedikit yang dibeli tapi banyak pembelinya.
Toh ini bukan buat aku, tapi 100% buat para korban bencana. Tapi yah.. harus tetap ber-positive thinking seperti kata Mbak Fitri: mungkin teman-teman sudah beramal lewat tempat-tempat yang lain.
Hmm.... iya, mungkin juga mereka sudah berpartisipasi meng-share info Felt Craft For Charity dengan cara apapun yang mereka bisa, semoga menjadi catatan amal tersendiri. Hanya Allah yang Maha Tahu.. AMiin...

Terima Kasih atas partisipasinya, baik yang aku ketahui ataupun tidak, semoga Allah membalasnya dengan sebaik-baik balasan! Amiin...
Mohon maaf jika banyak kekurangan & mungkin ada produk-produk yang aku jual kurang berkenan. Semoga bermanfaat!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar