Sugeng Rawuh...!!! Blog ini bukan saja tentang craft-nya Yanneey di *duneeya*. Melainkan tentang Yanneey & semua -------crafting, writing, family, friends, dll-------Yah, mencoba kembali belajar sharing & belajar menulis. Mari menulis kembali dengan kata dan juga craft.. ...!!!
http://www.cute-smiley.com There is no great writing, only GREAT REWRITING (Justice Brandeis)

Jumat, 11 Februari 2011

Awal mula Online Shop-ku


Baca status orang di facebook tentang kegelisahan para onlineshop di facebook yang takut diblokir karena ketatnya peraturan facebook, linknya masuk di grup K.O.S (Komunitas Online Shop). Sebenernya udah lama sih gabung di grup itu, di web-nya juga, tapi lama gak main-main ke sana^^
Ternyata rame juga..

Di thread tentang facebook yang semakin ketat, banyak yang nyaranin buat bikin juga di multiply... Wah itu mah dari jaman awal bikin online shop aku udah disana, cuman gak keurus coz internetnya yang lambat gak nyaman buat buka multiply, tambahan sering gagal kalo posting sesuatu. Udah nulis banyak-banyak ternyata gagal di posting, kan jadi sebel... Seringnya sih "java script" gitu... Lha, aku gak ngerti java script tu yang gimana hehehe...

Baca thread itu, jadi tau.. ternyata kebanyakan olshop di FB itu baru-baru... cuma mangkal di FB, gak punya tempat mangkal lain hehehee... Blagu amat yak aku kesannya^^

Gak gitu juga sih... aku jualan di FB, emang gampang sih atur-atur fotonya. Kalo temen FB mau liat fotonya bisa langsung meskipun pake hp. Tapi kalo kasih link ke multiply sulit liatnya. Tapi susahnya kalo kasih tau ke orang tentang koleksi-koleksi kita yang lebih lengkap kalo kita gak punya web sendiri, tempat mangkal tetap gitu... kayak rumah, kayak basecamp... jadi orang kalo mo nyariin kita tuh gampang... Mendinglah aku punya multiply... hehehe

Nyambung ke thread lain, ternyata ada obrolan tentang multiply... Ternyata banyak banget yang gak tau cara bikin di multiply... Hmm... jadinya aku posting aja sesuai pengalamanku...


Begini nih cerita lengkapnya olshopku^^


Dulu, aku online masih nebeng keponakan. Waktu liat-liat hasil karya orang lain di internet, aku jadi kepengin bikin juga seperti mereka, waktu itu gak tau itu namanya blog.. hehehe gaptek banget deh... Minta tolong sama keponakanku yang pinter komputer tapi gak dibikinin juga...

Eh, waktu liat-liat buku di Indomaret ternyata nemu buku, judulnya: MEMBUAT TOKO ONLINE DENGAN MULTIPLY, CARA MUDAH MENJARING UANG LEWAT BLOG GRATISAN.
Tertariikkk... Penasaraaannn....!!! Beliii deehh....!!!

Jadilah aku pinjem internet keponakan lagi buat cobain yang di buku itu. Gak leluasa sih coz cuman dapet waktu sebentar2 doang. Rasanya baru praktek bentar udah harus selese, besoknya lagi terpaksa ulangi lagi, berasa belajar gak nyampe-nyampe ke tahap berikutnya... Kalo ibarat -maaf- lagi BAB baru bentar udah digedor-gedor pintunya... so mo BAB gak jadi... gimana deh rasanya... huhh...
Tapi ya sedikit-sedikit bisa jadi juga blognya.
Baru tau itu namanya blog... huhuhu dasar gaptek ya...


Waktu itu mah modalnya minjem semua. Aku gak punya apa-apa. Bikin foto pinjem hapenya keponakan yang kameranya lumayan bagus. Internetnya nebeng juga... Aku cuman modal buku ini nih

Go public neh....
ada respon sih... tapi berhubung jarang aku tengokin jadi kehilangan pembeli deh... hiks... maklum gak punya koneksi internet sendiri, males ke warnet.. coz kalo di warnet pengap, gak nyaman..


Selain di multiply, aku jajal juga bikin di blogspot. Blog aku ini nieh dulunya http://duneeya.blogspot.com. Tapi karena aku gaptek gak tau cara mengelolanya, lupa alamatnya, lupa password... jadi terlupakan.

Barulah beberapa taun kemudian, keliatannya prospek jualan di internet lumayan besar, baru aku berani minta modal buat menelateni online shop hingga saat ini...

Wah, aku kembali lagi ke blogspot ini gara-gara liat punya Linda sari yang punya ndandut shop. Dia kasih link di FB.
Aku jadi inget kayaknya aku pernah punya di blogspot. utak-atik lama..... ketemu.. tapi bingung masuknya gimana. Nanya-nanya deh sama linda.. Huhuhu.. lupa email yang dipake, lupa password juga. Dibantuin panduan sama linda & keseriusan untuk mempelajari blogspot.
hyaa.. akhirnya keasyikan...

Sebelumnya utak-atik duneeya.blogspot.com mau buat curhatan & pajang hasil karya buat olshop.. tapi kok kayaknya mesti dipisah. Kayaknya disini lebih tepat buat curhatan, tapi nama udah kadung duneeya, padahal itu buat nama olshopku dimana-mana.
Utak-atik blogspot lagi ternyata nama domainnya bisa diganti. Prikittiwww... gantilah sekarang http://yanneey.blogspot.com


Lalu, bikin lagi blog baru, coz ternyata satu account di blogspot bisa mengelola lebih dari satu blog... jadilah online shopku mulai aku pindah coz kayaknya lebih mudah atur-atur blognya disini meskipun dengan internet yang lambat...

main ya ke olshopku http://duneeya.blogspot.com, kalo berminat silahkan order.

Pengen sih bikin yang duneeya.com tapi belum ada duitnya, jadi harus berpuas diri sampai disini dulu. Mudah-mudahan suatu saat bisa bikin website yang gak gratisan...
^^

Love
..neey..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar