Sugeng Rawuh...!!! Blog ini bukan saja tentang craft-nya Yanneey di *duneeya*. Melainkan tentang Yanneey & semua -------crafting, writing, family, friends, dll-------Yah, mencoba kembali belajar sharing & belajar menulis. Mari menulis kembali dengan kata dan juga craft.. ...!!!
http://www.cute-smiley.com There is no great writing, only GREAT REWRITING (Justice Brandeis)

Minggu, 09 Januari 2011

Ensiklopeduneeya

PAUS BIRU

Paus biru termasuk hewan yang rakus. Makanannya berupa krill, yaitu binatang kecil seperti udang. Setiap hari makan lebih kurang 4 ton krill. Ini sama dengan makan 1000 buah apel per jam. Jika satu kardus berisi 100 buah apel maka binatang ini makan 10 kardus buah apel setiap jam.

SINAR LASER

Laser adalah berkas sinar yang diperkuat atau dipertajam dengan pengaruh tenaga atom, sehingga kekuatannya menjadi berjuta kali lipat dari kekuatan sinar biasa. Sinar laser tidak menyebar tetapi menuju satu arah. Energi sinar laser terpusat dalam satu titik sehingga kekuatannya luar biasa. Contohnya para ahli telah mencoba menyinari bulan dengan sinar laser pada jarak kurang lebih 380.000 km. Pada jarak uang sangat jaug ini sinar laser yang menyebar hanya sekita 2 meter, tetapi efek sinar laser itu membakar tempat tujuannya di bulan.

PEMECAH BATU

Seorang pemecah batu yang sedang memecah batu memukul batu itu dengan palu godamnya sampai seratus kali tanpa terlihat tanda akan pecahnya batu tersebut. Pecahnya batu tersebut bukan disebabkan pukulan terakhir saja tapi juga oleh keseluruhan seratus pukulan yang sebelumnya. Alangkah banyak orang yang dalam usahanya selalu gagal di tengah jalan dan alangkah banyak pula yang putus asa dalam perjuangannya sebelum memetik hasil dalam waktu tidak lama lagi. Apabila mereka tabah dan meneruskan sampai pukulan yang terakhir sesudah yang seratus pukulan, pasti mereka akan berhasil, bahkan dengan hasil yang lebih dari itu.

WARNA DARAH

Warna darah orang yang tinggal di dataran tinggi akan lebih tua dari orang yang tinggal di dataran rendah. Hal ini disebabkan kadar O2 di dataran tinggi lebih sedikit daripada dataran rendah. Untuk mengantisipasi kekurangan O2 dalam darah, tubuh membentuk eritrosit (sel darah merah) lebih banyak dari biasanya agar dapat menangkap O2 lebih banyak pula. Eritrosit ini mengandung hemoglobin (Hg) yang berfungsi mengikat O2. Hb sendiri berwarna merah. Oleh karena itu, semakin banyak eritrosit yang terbentuk maka warna darah akan semakin merah.

MANFAAT SUSU KAMBING

Menurut hasil penelitian, antara lain oleh FOA Publications (Observation of the Goat), susu kambing mempunyai nilai lebih dibandingkan susu sapi. Di antaranya ialah kandungan gula dalam susu kambing rendah, cocok untuk penderita kencing manis (diabetes melitus), susu kambing mempunyai struktur kimia yang sangat mendekati ASI dan mengandung 9 Amino Acids Essential yang tidak bias disintesa tubuh namun sangat diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak bayi, molekul protein dalam susu kambing lebih halus sehingga dapat idserap dalam waktu 20 menit, sedangkan susu sapi memerlukan waktu 2 jam untuk diserap tubuh, susu kambing dapat membantu menghasilkan sel-sel darah merah dalam kadar besar. Cocok untuk penderita tekanan darah (Hb) rendah.

JANGAN KEKURANGAN AIR

Sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh American College of Sport of Medicine menemukan bahwa tubuh manusia mengirimkan sinyal berbeda bila kadar airnya berkurang.

Kekurangan 1% air, tubuh memberi sinyal dengan rasa haus. Kekurangan 2% air, wajah menjadi kurang ceria da pucat. Kekurangan 3% air, terasa lemas dan tidak bergairah untuk beraktivitas apapun.

Kehilangan 4% air, ketahanan otot menurun hingga 30% dari kemampuan optimal. Kekurangan 5% air, fungsi mental terganggu sehingga sering mengigau dalam tidur.

Kehilangan 10-12% (jika sinyal di atas belum cukup mengingatkan kita untuyk segera mengkonsumsi air) bias berakhir dengan kematian.

ARAB

Sebenarnya terjadi kesalahpahaman dan manipulasi makna dalam sejarah pelayaran dunia dan daerah temuannya. Tanjung Harapan yang katanya adalah temuan bangsa barat yaitu Portugis ternyata tidak benar. Ada bukti lain menunjukka bahwa pelayaran Portugis ke daerah itu diantar oleh Ahmad Ibnu yang dengan sukarela bersedia menunjukkan jalan laut. ia adalah seorang pandu muslim dari Arab yang juga penemu kompas. Jadi sebenarnya bangsa barat bukan penemu pertama daerah itu. Hanya saja bangsa Arab tidak pernah mencatat ekspedisinya sehingga kenyataan bangsa Arab sebagai perintis beralih opininya ke bangsa barat. Itupun bias dibuktikan oleh adanya peta bumi pertama buatan bangsa Arab pada abad ke-10 oleh Ahmad Ibnu Majid. Di Oxford University Press-Inggris akan ditemui buku Legacy of Islam karya Sir Thomas Arnold – Alferd Guillame. Isinya tentang fakta sejarah seputar penemuan daerah di dunia.

BURUNG PELIKAN/BURUNG LAUT

Burung ini mempunyai paruh yang bias menyerupai kantung ketika menangkap ikan. Pada saat dimasukkan ke dalam air, bagian bawah paruh melebar dan membentuk sebuah kantung yang dipenuhi oleh air dan ikan. Pada saat ia mengangkatnya dari air, kantung ini berkontraksi mengeluarkan air sehingga hanya ikan saja yang tertinggal. Menurut ahli imu burung, burung ini merupakan jenis burung terbesar kedua di dunia dengan berat 5-10 kg, di bawah berat burung onta. Burung ini mempunyai hubungan keluarga dengan burung cormorant, burung gannet, burung booby, dan burung pergata. Nama burung ini mengilhami sebuah merk tinta bernama “PELIKAN”. Tahun 90-an tinta ini banyak dipakai orang untuk menulis, juga arsitek untuk menggambar. Apa sih hubungan tinta dengan burung pelican? Ternyata hubungannya ada pada mata pena yang menjadi pasangan si tinta untuk menulis, yang bentuk dan cara kerjanya benar-benar mirip dengan paruh burung pelikan.

PARASUT

Terjun payung adalah salah satu olahraga yang digemari orang di dunia. Selain membutuhkan kesiapan mental penerjunnya, media yang digunakan pun harus terjamin keamanannya. Medianya adalah parasut. Pada awalnya, parasut digambar oleh Leonardo da Vinci, sang maestro lukisan dari Italy. Kemudian pada tanggal 22 Oktober 1797, Jacques Garnerin membuat parasut dan mencobanya dengan cara naik ke sebuah balon gas (yang merupakan penemuan baru saat itu). Ketika balon sudah naik cukup tinggi, dia menarik sebuah tali yang memisahkan parasut dari balon. Setelah itu, angin bertiup dari bawah balon yang dapat membuka serta menggelembungkan parasut. Tidak seperti parasut sekarang, parasut buatan Garnerin ini memiliki sebuah keranjang di bawahnya, yang berguna untuk membantu pendaratan dengan aman dan perlahan. Tidak lama setelah saat itu, kapal terbang pun dibuat. Lalu F. R. Law menyempurnakan parasut Garnerin. Dia mencoba terjun payung dari sebuah kapal terbang dengan sebuah parasut yang disempurnakan yang disebut lifepack, seperti yang sering kita lihat sampai saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar