Sugeng Rawuh...!!! Blog ini bukan saja tentang craft-nya Yanneey di *duneeya*. Melainkan tentang Yanneey & semua -------crafting, writing, family, friends, dll-------Yah, mencoba kembali belajar sharing & belajar menulis. Mari menulis kembali dengan kata dan juga craft.. ...!!!
http://www.cute-smiley.com There is no great writing, only GREAT REWRITING (Justice Brandeis)

Selasa, 19 April 2011

Anak Kecil dan Buku Tebal

Perkenalkan ini keponakanku, namanya Danda. Sekolah kelas 2 SD.
Di Gedung Kridanggo, Pemalang kemaren tanggal 7-13 April ada Pameran Buku. Waktu Bundanya nginep di rumahku, dia sempet liat-liat pameran bareng ayahnya.


Ketika dia main ke rumahku. aku tanyain ke dia, "Danda kemarin ke pameran buku?"
"Iya" katanya.
"Beli buku, nggak?"
"Beli, tante. Ada gunungnya lho. Bukunya tebal."

Dari percakapan itu, yang terbayang di pikiranku, dia beli buku tebal semacam ensiklopedi tentang gunung gitu. Coz memang dia lagi tergila-gila sama gunung. Trus bukunya banyak gambarnya yang berwarna-warni menarik, seperti yang biasa disukai anak-anak seusianya.

Tapi ternyata aku SALAH berat!!!!

Bundanya Danda cerita, ternyata waktu ke Pameran Danda gak beli buku karena takut sama ayahnya. Nah waktu Bundanya pulang, dia ke Pameran lagi bareng Ayah, Bunda & Adiknya. Kali itu dia minta beli buku sama Bundanya. Muter-muter nyari, terus nunjuk sebuah buku.

Apa coba buku yang dia tunjukkan??? Sebuah buku tebal... kertasnya kertas buram, gambarnya gak berwarna. Buku itu bercover gambar gunung berjudul KRAKATOA. Masa anak-anak mau beli buku kayak gitu??? Hihihi...

Emang sih, belakangan ini dia lagi tergila-gila sama gunung. Gunung apapun dia ingin tau. Dari buku-buku, googling juga yang dia cari tentang gunung, all about gunung lah. Sampai nama gunung yang sulit diejapun dia mengucapkannya dengan lancar. Gunung Kilaluea, Gunung Ejev... apaan tuh.. aku aja gak bisa menghafalnya, eh dia hafal... Aku juga baru tau nama gunung yang aneh-aneh itu dari dia.

Akhirnya bundanya liat-liat buku itu trus menanyakan ke Danda, "beneran mau beli buku ini?" Kata dia "iya".
"Tapi dibaca ya!"
"Iyaa Bunda..."

KRAKATOA... bukankah itu seperti sebuah judul film yang pernah aku tonton di TV One?? Film semi dokumenter tentang meletusnya gunung Krakatau.. Apa itu versi bukunya ya?? Aku ceritain tentang film itu sma Danda.
"Kapan tante filmnya, danda pengin nonton."
Huaa itu kan udah lama, entar deh ada iklannya film itu ditanyang ulang, aku kasih tau.^^

Hari ini aku main ke rumah Danda. Dia nunjukin bukunya...
Ini dia..

Lihatlah betapa tebalnya itu. Liat buku setebal itu aku aja males buat buka hehehe^^ Aku liat halaman terakhir tertulis halaman 530. Huaaa... setebal 530 lembar??? Mendem sung.. hehehee

Tapi ternyata buku itu beneran dibaca sama dia.. Batas halaman yang sudah dibacanya dia tandai dengan sebuah foto.
Lihatlah gayanya saat membaca buku ini..
Gak cuma itu, dia juga sampai naik-naik pagar depan rumah buat mencari posisi yang enak buat baca.. Lihatlah...^^
Cerdas memang... Meskipun Pemalang panas, tapi posisi itu memang teduh karena ada pohon besar yang menaunginya. PW niieeh... Posisi Wuenaaakkk...^^
Lihatlah gayanya nagkring di pagar.. Betapa khusyuknya dia membaca... Ckckckkk. Gak terusik oleh lalu lalang kendaraan di jalan di hadapannya.^^

Penasaran juga sih isi bukunya.. Dengan agak malas, aku baca juga awal-awal bukunya.. ternyata menarik juga.. Baca deh dikit sambil makan buah pepaya hehehe..^^ Ntar kapan-kapan Tante pinjam ya, Nda..!!
Love
..neey..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar